Senin, 10 Agustus 2009

Cara membuat atau mendaftar di facebook

Sekarang umat manusia di muka bumi ini lagi pada demam facebook. Walau artikel saya sedikit telat membahas tentang facebook namun siapa tahu masih ada yang membutuhkan informasi cara membuat atau mendaftar facebook. Walau MUI sempat melarang situs pertemanan ini namun tetap saja jumlah pendaftarnya semakin meningkat.

Mungkin ada semacam brand image yang tercipta "kalo nggak punya facebook nggak gaul" dan semacamnya.

Jadi bagi anak-anak muda maupun orang tua yang ingin membuat atau mendaftar facebook dengan mudah untuk tujuan yang positif bukan untuk mencari teman selingkuh di dunia maya maka saya akan sedikit berbagi info dengan anda.

Facebook? belum punya facebook ya? ah enggak gaul kamu… terkadang kata kata ini terucap dari seseorang yang udah punya account facebook yang lagi nyindir temannya yang belum bikin atau buat acount di facebook. tahun ini memang banyak orang sedang demam facebook, facebook yang dulunya tidak begitu populer di Indonesia saat ini begitu banyak diminati, sampai sampai situs pertemanan ini mengalahkan salah satu rivalnya, yaitu friendster, tentunya ini terlihat dari jumlah penguna dan pengunjung friendster yang semakin lama semakin turun, kalau kamu tidak percaya liat aja grafiknya di alexa.com.

oke basa basinya sudah cukup, bagi kamu yang masih kebingungan cara membuat facebook, di bawah ini saya tulis panduan cara membuat atau mendaftar facebook, yang insyaAllah panduan membuat facebook di sini lebih mudah dipahami tapi nanti kalau masih kurang jelas, silahkan tanya di kolom komentar, semoga saja saya bisa menjawabnya

1. yang pertama kamu lakukan adalah dengan mengunjungi alamat : www.facebook.com atau http://facebook.com, dan pastikan kamu mengetik halaman tersebut pada taskbar URL yang tersedia.

2. jika sudah muncul halaman tersebut, isilah kolom pendaftaran yang sudah tersedia, masukkan nama lengkap kamu, alamat email kamu (jika belum punya alamat email silahkan membaca panduan tentang cara membuat email, klik di sini untuk email di gmail, dan klik di sini untuk membuat email di yahoo), masukkan password (kata kunci yang akan kamu gunakan nanti untuk masuk ke accoun facebook (demi keamanan buatlah pasword yang unik tapi tidak mudah ditebak oleh orang lain), untuk memiliih jenis kelamin, bulan tanggal tahun lahir. jika sudah diisi semua klik tombol SIgn Up yang berwarna hijau. (pastikan data diisi dengan benar, teliti lagi sebelum klik sign up)

3. setelah kamu meng klik Sign Up kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya, kamu diminta untuk memasukkan huruf/kode yang tampil diatasnya (CAPTCHA).

4. Masukkan sesuai dengan contohnya, huruf besar atau huruf kecil harus sama, masukkan pada kolom Text in the box. Jika kamu mengalami kesulitan membaca kode kata yang tampil itu, kamu bisa menggantinya dengan kode yang lain. dengan cara klik Try different words. Jika sudah diisi klik Sign Up.

5. setelah kamu klik sign up pada jendela selanjutnya berarti kamu telah berhasil mendaftar di facebook. tapi kamu harus melakukan aktifasi accoun facebook kamu dengan cara membuka kotak masuk di email kamu. sekarang abaikan halaman ini dan cek kotak masuk email kamu.

6. Setelah kamu mendaftar di facebook tadi, kamu mendapatkan dua pesan di kotak masuk email kamu, yang pertama isinya hanya ucapan selamat datang, dan yang kedua ini yang paling penting, yaitu berisi link aktifasi account facebook kamu.

7. seperti yang saya katakan diatas tadi, kamu harus melalukan aktifasi melalui email. caranya adalah dengan melakukan klik pada link aktifasi yang dikirimkan oleh facebook.

8. Setelah kamu klik link tersebut kemudian klik okay pada pojok kanan jendela.

9. Masukkan data pribadi kamu dengan lengkap seperti alamat sekolah, tinggi badan dsb.

10. Kemudian klik Save & continue, tapi jika kamu tidak ingin mengisi form ini juga tidak apa apa.. biarkan saja kosong, dan langsung klik Save & continue.

11. setelah kamu klik save & continue, pada step 3 adalah memilih jaringan pertemanan kamu. Pilih saja Indonesia, kalau pilih luar indonesia nanti malah repot… setelah pilih indonesia, klik Join.

12. setelah kamu klik Join, akan muncul halaman seperti ini, selamat.. kamu sudah punya account facebook. tapi karena baru bikin tentunya belum ada temannya alias masih kosong. sekarang yang kamu lakukan adalah mencari teman, kan tujuan membuat facebook memang untuk mencari teman, tapi nanti dulu tidak Usah buru buru cari teman, ikuti langkah penting yang satu ini. yaitu mengganti bahasa pada facebook menjadi bahasa Indonesia.

l3.untuk mengganti bahasa pada facebook dari bahasa inggris ke indonesia adalah dengan klik pada tulisan English (US) pada pojok kiri bawah. Setelah kamu klik pilih bahasa Indonesia.

14. facebook kamu telah berubah menjadi bahasa Indonesia. sekarang saatnya mencari teman, untuk mencari teman, masukkan nama teman kamu yang mungkin punya account di facebook, masukkan namanya pada kolom Temukan orang yang Anda kenal.

15. Nggak usah bingung bingung tentang nama teman kamu, sebagai contoh saya masukkan nama saya saja ya.. hehehe.. setelah kamu masukkan nama teman kamu, klik gambar kaca pembesar di sebelah kanan kolom.

16. Setelah kamu klik nanti akan muncul hasil pencarian berisi tentang pemilik account facebook sesuai dengan namanya.

17. Pada kotak pencarian ada tiga menu penting, yaitu tambahkan sebagai teman, jika kamu ingin menjadikkannya sebagai teman di facebook kamu, Kirim pesan jika kamu ingin mengirim pesan saja, dan lihat teman, ini untuk mengetahui siapa saja teman si pengguna accoun itu. sebagai contoh kita klik menu tambahkan sebagai teman.

18. Pada saat seseorang melakukan permintaan pertemanaan pada pemilik account facebook, maka si pemilik accoun facebook yang dimintai itu akan mendapatkan email dari facebook.. isinya tentang konfirmasi permintaan pertemanan. jika si pemilik account mengizinkan untuk menjadi teman dalam facebook, maka dia akan melakukan klik pada link konfirmasi, tapi jika tidak ya diabaikan saja.

19. Jika kamu disetujui menjadi teman dalam facebook, kamu juga mendapatkan email konfirmasi.

20. Jika kamu sudah punya teman dalam facebook kamu, kamu akan bisa melihat status teman kamu, mengomentari status teman kamu, dan lain lain. sebelum mengomentari status temen kamu, alangkah baiknya membuat status kamu dulu. untuk membuat status.. Klik pada Menu Beranda di Pojok kanan atas. Pada kolom Apakah yang anda pikirkan itu adalah tempat kamu menulis status.. kalau sudah di tulis klik tombol bagikan. Untuk berkomentar pada status teman sudah tampak jelas disitu, saya rasa tidak perlu menjelaskan lagi.

Jika kamu menggunakan akses internet umum, misalnya di warnet.. saat kamu telah selesai menggunakan facebook.. jangan langsung di exit browsernya, tapi klik dulu Log out atau keluar, untuk menjaga keamanan account facebook kamu.. karena kalau tidak kamu klik keluar atau log out… biasanya komputer yang kamu tinggal itu keadaan account facebook kamu masih aktif.. sangat tidak baik kalau ada orang lain yang menggunakan facebook kamu.

untuk keluar dari facebook atau logout adalah…. dengan cara Klik pada menu Keluar yang berada pada pojok kanan atas dekat kotak pencarian.

Sedangkan nanti jika kamu ingin mengakses lagi Facebook milik kamu , caranya buka alamat www.facebook.com lalu tinggal memasukkan alamat email dan password yang kamu buat tadi.

ya… sampai di sinilah panduan cara membuat facebooknya… untuk langkah selanjutnya silahkan coba coba sendiri.. untuk upload foto, silahkan baca paduan cara upload foto facebook.com. Bagimana sobat mbahcyber? cukup mudah bukan? bagi anda yang ingin menambah tips-tips lainnya tentang facebook silahkan kirim komentar anda melalui artikel ini.

Artikel Terkait:



1 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca