Jumat, 28 Agustus 2009

Tips menjadi blog pemula yang hebat dengan backlink

Ada beberapa tips agar blog kita bisa menjadi nomor satu di Google? atau setidaknya dapat memiliki banyak pengunjung (high traffic). Dari pengalaman blog saya tidak ada jalan lain, kita harus melakukan SEO (search engine optimization) dan Backlink, salah satunya dengan link referral. SEO adalah optimisasi pada bagian-bagian blog kita. Optimisasi ini ada dua kelompok besar yaitu optimisasi di luar (off page optimization) dan optimisasi di dalam blog (on page optimization). Perlu diketahui, SEO ini hanya berpengaruh hasil pencarian organik di hasil pencarian Google.

Google dan Yahoo saat ini merupakan mesin pencari alias search engine yang paling banyak digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Menjadi blog nomor satu di Google merupakan idaman bagi semua pemiliki blog, terlebih bagi pemilik blog pemula, karena akan meningkatkan pengunjung blog. Namun, menjadi blog nomor satu di Google tidak semudah membalik telapak tangan. Karena tingginya tingkat persaingan, kita perlu tips agar blog pemula kita menjadi nomor satu di Google. Jika anda masih ingin mengikuti tulisan ini silahkan lanjutkan membaca. Jika tidak anda boleh membaca artikel yang lainnya.

Tips Off page optimization

Off page optimization merupakan faktor yang paling berpengaruh besar terhadap urutan mesin pencari. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini tips-tipsnya.

*
Anda harus punya banyak link atau backlink dari blog / situs lain yang topiknya sama dengan blog Anda. Link seperti ini disebut eksternal link dan diperoleh secara gratis denga cara tukaran link dan free Add URL. Trik mendapatkan eksternal link akan membatu Anda mendapatkan link sebanyak dan sebaik mungkin. Bila Anda tertarik mendapatkan eksternal link dari saya, silahkan kasih pesan di blog saya.

*
Dapatkan link dari blog yang memiliki page rank lebih tinggi dari blog Anda. Untuk mengetahui apa itu page rank dan cara mengeceknya, silahkan baca di definisi page rank.
*
Usahakan dapatkan link dari IP yang berbeda. Bila teman kita memiliki dua blog, kita hanya perlu satu saja yang nge-link ke blog kita.
*
Verifikasi blog dan daftarkan sitemap blog Anda di Google Webmaster Tools. Bagi pemilik blog wordpress, cara verifikasi blog wordpress dan cara daftar sitemap blog wordpress merupakan tips-tips yang layak anda ketahui.

Tips On page optimization

Walaupun tidak sepenting off page optimization, on page optimization tetap penting kita lakukan. Kombinasi kedua optimisasi ini akan sangat dahsyat sekali. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan dalam on page optimization.

*
Mencantumkan kata kunci pada judul postingan.
* Gunakan symbol “|” (yang terletak di atas atau bawah tombol enter komputer Anda), “-“, atau “:” untuk memisahkan beberapa kata kunci pada judul postingan.
* Tebalkan, miringkan, atau garis bawahi pada kata-kata kunci Anda, maksimal satu kali.
* Cantumkan kata kunci Anda minimal satu kali di setiap paragraf. Jangan pula terlalu banyak karena akan dikira tulisan spam.
* Cantumkan kata kunci Anda di akhir tulisan. Contohnya bisa Anda lihat di akhir tulisan ini.
* Gunakan image tags. Artinya kita harus membuat judul gambar yang di-upload. Cantumkan kata kunci pada judul tersebut plus tambahi kata gambar, grafik, ilustrasi, atau yang lainnya. Hindari penggunaan teks yang umum, seperti gambar 1.
* Buat internal link di blog Anda dengan cara membuat links teks sebaik mungkin. Link ini bisa ke tulisan sebelumnya atau halaman lain.

Itulah tips-tips dari saya agar blog pemula kita menjadi nomor satu di Google. Selamat mencoba tips ini dan semoga sukses.

Artikel Terkait:



4 komentar:

  1. Makasih mbah untuk infonya..penting banget ne untuk saya yang masih newbie dalam bidang blogger..keep posting ya mbah..

    BalasHapus
  2. Tahukah Kamu , Bahwa Google Telah MengUpdate PageRank ????

    Pabrikan Besar tsb Telah Mencetus Keputusan Sprti ini ....

    Google Spider / Mesin Index Google Hanya Mengindex Halaman Weblog / wordpress / Web Dengan Berdomain Pribadi , Hanya di beri Waktu Kurang Lebih 0.25 Second / Detik Untuk Mengindex Keseluruhannya ...
    Setelah Itu Si Mesin Google Meninggalkan Halaman Weblog / wordpress / Web dengan berdomain pribadi untuk Mengindex Halaman web yang lainnya ....

    Parah Bangetkan

    Nah Untuk Solusi'a Bisa Di Simak Di Weblog Qu ...

    Untuk Lebih Lanjut Mengetahui Hal tsb Bisa Di Simak di weblog qu Atau Bisa Juga Datang Ke Situs Resmi Pabrikan Google , Untuk Situs'a ,,, Anda Cari Sendiri ya ... ^_^

    Semoga Bermanfaat

    Salam Sukses

    BalasHapus
  3. nice info bro.......thanks.ntar di cube

    BalasHapus
  4. gitu ya caranya mbah..gua sih biasanya perbanyak backlink utk naikin rank blogku..ijin nitip lapak mbah
    http://filmgratis-aja.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca