Jumat, 07 Juni 2013

Cara Setting Drag Reel Peralatan Mancing

Bagi anda yang hobi mancing perlu untuk mengetahui cara mensetting drag reel pancing anda. Fungsi daripada drag pada reel anda di design untuk memberikan resistansi kepada ikan disaat ikan meminta line. Anda harus menyetel drag anda sesuai dengan peralatan , kekuatan anda , kekuatan daripada joran dan kekuatan line yang anda pergunakan.


Ketahuilah selalu akan kekuatan daripada joran anda yg biasa tertera pada joran anda dengan tulisan MAX DRAG, dalam hal ini banyak juga produsen joran atau tentar pancing yang tidak mencantumkan max dragnya di joran yg diproduksinya. Anda bisa membuka internet dan mengeceknya (brand tertentu) atau tanyalah kepada toko yang menjual untuk mengetahui maximum drag. Banyak sekali joran yang memiliki max drag yang luar biasa tinggi 20 kg bahkan ada yg sampai 25 kg (diluar joran trolling). Pada umumnya drag maximum pada joran bila terlampau besar ini menandakan bahwa recoiling power joran tersebut kurang bagus. Sebagai contoh : tipe joran PE8 yang satu mempunyai max drag 15 kg dan yang satunya mempunyai drag max 22 kg, yang sudah pasti drag yang tinggi menandakan kekuatan pada joran tersebut, joran yang mempunyai drag tinggi tidak gampang patah dan juga mempunyai lengkungan curving yg cukup flexible. Akan tetapi joran yang ber drag tinggi juga mempunyai kelemahan tersendiri, kelemahan ini adalah recoiling powernya, anda akan lebih cepat menaikan ikan dengan menggunakan joran yg memiliki recoiling power yg tinggi. Maka dari itu anda harus selalu mengetahui drag maximum joran anda disaat anda menset drag, bila drag reel melebihi kekuatan joran makan resiko patahnya joran juga akan semakin tinggi. Ingat patahnya joran pada umumnya adalah kesalahan angler atau pemancing tersebut maka dari itu kita harus selalu menguasai kekuatan kekuatan peralatan yg kita pergunakan.

Anda bisa mengukur kekuatan anda sendiri didalam fighting, ingat tidak semua orang itu sama dan jangan pernah berkecil hati bila anda menaikan ikan 10 kg dengan waktu 15 menit sedangkan teman anda menaikan ikan yg berbobot kurang lebih sama dengan waktu yang jauh lebih cepat, inti daripada mancing adalah kenikmatan dan kesuksesan disaat kita bisa mengkandaskan ikan. Max drag yang anda bisa terima sangatlah penting didalam fighting ikan, disaat fighting drag yang melebihi kapasitas anda maka akan membuat anda cepat lelah sedangkan drag yang sangat minim akan membuat anda sangat santai namun ikan pun akan lebih lama untuk dikandaskan. Semakin banyak fighting semakin kita mengenal akan karakter kekuatan kita. Biasakanlah diri anda untuk selalu mengecek drag reel anda setelah fight dengan ikan dengan cara menarik line anda keluar dari reel yg terakhir anda gunakan untuk menaikkan ikan. Ini yang biasa menjadi patokan kenyamanan drag yang biasa dipergunakan . Pada umumnya bila anda bisa menaikkan ikan yang cukup besar tanpa bantuan orang lain ini menandakan bahwa drag anda masih berada dilevel yang nyaman bagi anda dan sebaliknya bila anda meminta bantuan kepada teman anda, ini menandakan bahwa drag yg anda gunakan diluar capasitas anda sebagai seorang pemancing.

Demikian tips dan trik singkat dari mbah bagi para mancing mania dimanapun berada. Selamat memancing.

Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca