Minggu, 30 Agustus 2009

Pengaruh Template Terhadap Page Rank (PR) Blog

Selain backlink dan SEO ikut mempengaruhi pagerank (PR) sebuah blog, ternyata template juga ikut berpengaruh juga lho. Nggak percaya? mari kita buktikan.

Ada beberapa statement atau pernyataan mengenai hal-hal yang mempengaruhi perkembangan PR, selain dari Alexa dan technoraty, Kontent suatu blog, dan bahkan Judul dan tema dari blog tersebut ternyata ada satu lagi hal sederhana yang dapat mempengaruhi perkembangan Page Rank blog kita, itu adalah Template, mengapa template dapat mempengaruhi Page Rank?

Tidak mudah untuk mengetahui secara gamblang mengenai apa saja yang mempengaruhi perkembangan Page Rank (PR) Google pada blog kita yang biasanya update satu kali dalam 3-4 bulan.


1. Menggunakan template yang penuh accessories.
Seperti Widget, script-script yang Jelimet, Tata letak yang acak-acakan, penambahan Animasi dll, dapat menyebabkan blog kita menjadi berat untuk di load, (akan sangat terasa pada koneksi standar). Dan itu dapat menyebabkan Search engine seperti google mengalami kesulitan untuk Meng’Index blog kita secara keseluruhan, karena tentu dengan Loading Lama karena Templatenya ‘demikian’ maka waktu yang dibutuhkan oleh Search Engine pun akan lebih lama, dan ini Tidak terlalu di Senangi oleh pengelola Search Engine karena Memakan banyak Waktu untuk melakukan index blog/ situs tersebut, sehingga dengan mudah mereka mengabaikan hal demikian tadi, karena bagi mereka waktu satu detik itu sangat berarti sekali jadi tidak dimungkinkan untuk membuang-buang waktu hanya karena satu blog/ situs dengan gelar LOLA (loading Lama).

2. Layout yang ramai
Bingung Mau Kemana, biasanya hal ini terjadi ketika kita masuk pada sebuah blog dengan layout yang RAMAI, Sesak, dan Kurang Beraturan, Navigasi yang Buruk menjadikan blog ini seperti One way Link, dengan kata lain, hanya ada jalan masuk saja, dan tidak ada jalan keluar, sehingga kita merasa kesulitan dan tidak tahu berada dimana (bayangkan jika anda berada didalam hutan), anda bisa Masuk tapi sulit untuk Keluar, seolah Terjebak dalam Satu Artikel dan di Sekeliling hanya ada Gambar dan widget-widget yang tidak tahu gunanya untuk apa, lalu Timbul rasa Putus asa dan Bunuh Diri, eh salah, close windows jalan terbaik.. :D (gagal lagi :D)

3. Proses loading yang lama alias LOLA.
Saya member contoh dengan Habit/ kebiasaan saya sendiri, Sebagai Pengunjung,, “saya lebih senang dengan Blog/ situs yang bisa Cepat Loadingnya, karena Kebutuhan Materi didalamnya juga Efisiensi waktu yang saya miliki menuntut saya untuk bekerja cepat, (sebagai pembaca), Jika LOLA terjadi pada suatu Blog, saya tidak ambil pusing.. Langsung Close saja dan cari Blog yang lain.” Mungkin hal ini juga sama seperti yang biasa anda lakukan? Bagaimana? Sudah bisa membayangkan? Kalau Pengunjung merasa bosan? Apalah artinya blog kita?

4. Suka gonta ganti template.

Nah ini sifat saya yang lagi belajar blog, saya orangnya suka gonta-ganti tempalte dan pinggin seperti yang lain juga. Coba hal ini jagan tertanam di diri anda karena jika anda suka gonta-ganti templte hingga merubah apa saja, padahal anda telah capek membagun tempalte sebelumnya untuk menjadi sempurna. Hal ini mengakibatkan tidak konsistennya kita dimata GooGle dalam mengurus blog dan mungkin bisa saja anda orang pertama yang kehilangan page rank Google.

Semoga trik dan tips ngeblog diatas bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat diri mbah sendiri.


Artikel Terkait:



7 komentar:

  1. salam sobat
    nice infonya..
    wah ternyata ada pengaruhnya ya,,tempelale tuh buat PR di blog.
    saya baru ganti template 3 kali ,,,karena loadingnya lama.

    BalasHapus
  2. Makasih udah berkunjung, betul sekali, penyebabnya seperti yg mbah jelaskan di atas

    BalasHapus
  3. makasih infonya, capek juga ganti2 template mah...

    BalasHapus
  4. blogku kira-kira cepet ga mas????


    sahur...................

    BalasHapus
  5. Wah infonya bermanfaat sekali, saya kadang malas buka blog orang lain, mau komentar tapi lambat.

    BalasHapus
  6. Maksih u/komentar dari @ narti,attayaya,abikuni, jgn lupa balik lagi ke rumah mbah ya

    BalasHapus
  7. wah mbah..maturnuwun mbah.tengokin dong mbah..blog saya lola gak? he he

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca