Senin, 28 September 2009

Pencegahan Penyakit Tipus

Penyakit Tipes/tipus/thypus dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes, Salmonella typhosa, kotoran atau air kencing dari penderita Tipes. Masyarakat dahulu menyebut penyakit ini dengan nama penyakit kuning karena tubuh penderita berwarna kuning pucat.

Bila anda sering menderita penyakit ini kemungkinan besar makanan atau minuman yang Anda konsumsi tercemar bakterinya. Hindari jajanan di pinggir jalan terlebih dahulu atau telur ayam yang dimasak setengah matang pada kulitnya tercemar tinja ayam yang mengandung bakteri Tipes.

Untuk mencegah agar seseorang terhindar dari penyakit ini kini sudah ada Vaksin Tipes atau Tifoid yang disuntikkan ke tubuh atau minum obat antibiotik khusus pencegahan dari tyhpus. Obat tersebut dapat melindungi seseorang dari tipus dalam waktu 3 tahun. Mintalah Dokter anda memberikan imunisasi tersebut.

Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan seperti gizi yg baik, tidur yang cukup antara 7-8 jam/24 jam, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit Tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita Tipes.

Hindarilah makanan yang tidak bersih. Cucilah tangan sebelum makan. Bagi penderita carrier (tidak menderita penyakit ini, namun dapat menyebarkan bakterinya) tetap mengkonsumsi obat untuk mencegah terjadinya penularan oleh bakteri penyebab tipus.

Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca