Selasa, 08 September 2009

Tips Mudik Lebaran Aman dan Lancar

Lebaran udah nggak lama lagi nich tinggal menghitung hari. Caileee kayak lagunya KD (Krisdayanti) ya. Mumpung masih ada waktu Mbah mau kasih sedikit tips ini agar acara mudik alias pulang kampung kita aman dan lancar. Setiap umat muslim pasti punya tradisi untuk silaturahmi dengan sanak keluarga pada saat lebaran khususnya lebaran Idul fitri kali ini.

Silaturahmi adalah hal yang paling menggembirakan apalagi bagi mereka yang jauh dengan keluarga. Ada yang merantau ke luar kota, luar pulau bahkan ada yang merantau ke luar negeri, jadi TKI mungkin.

Berikut tips mudik aman dan lancar ala Mbah Cyber:
Apa Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mudik?

Persiapkan segala kebutuhan yang terkait dengan perjalanan Anda, baik persiapan dari sisi mobil maupun pengendara. Berikut ini daftar pemeriksaan untuk memastikan perjalanan mudik Anda aman dan nyaman jika anda mudik menggunakan kendaraan roda 4:

YANG WAJIB DI CHECK
1. Mesin

Tune-up lah mesin sebelum Anda menempuh perjalanan.

2. Aki

Bersihkan terminal-terminal aki, cek kekencangan baut- bautnya, dan periksa juga air aki.

- Untuk membersihkan terminal dari kerak karbon bisa dilakukan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminal aki.

- Kencangkan baut-baut di terminal bila kendor.

- Untuk memeriksa air aki bisa dengan melihat permukaan air aki. Sebaiknya berada di posisi antara LOW dan UPPER level.

Note: Jangan salah mengisi air aki dengan bahan yang lain.

3. Oli

Kuantitas oli harus sesuai dan kualitasnya pun harus masih bagus. Oli yang harus diperiksa adalah: oli mesin, gardan, persneling. Sebaiknya stick oli menunjukkan permukaan oli di posisi F. Perhatikan grade dan viskositas yang sesuai dengan anjuran produsen mobil Anda.

4. Rem Periksa rem dari kemungkinan bocor, kanvas tipis, serta keausan piringan dan tromol rem. Jangan lupa cek minyak rem dan setel rem.

- Untuk memeriksa semua itu, seluruh roda harus dibongkar. Kebocoran diketahui bila ada rembesan di silinder roda pada masing-masing roda. Sedangkan tebal-tipisnya kanvas bisa dilihat secara langsung. Sebaiknya kanvas minimal lebih besar dari 3 mm.

- Kondisi minyak rem harus bersih (bening, tidak keruh). Lihatlah jumlah minyak rem pada tangki cadangan yang ada di master silinder.

- Untuk menyetel rem, lakukan penyetelan pada adjuster yang berada di masing-masing roda (pada model tromol). Penyetelan diperlukan untuk mengatur celah antara tromol dan kanvas rem. Celah idealnya sebesar 0,6 mm.

5. Kopling

Kopling harus bekerja dengan baik. Periksalah ketebalan plat

kopling. Caranya:

- Masukkan persneling ke posisi gigi dua atau tiga.

- Lalu, injak pedal kopling dan hidupkan mesin.

- Lepas pedal kopling perlahan-lahan. (Pada saat bersamaan, injak pedal gas dan pedal rem. Pastikan mesin mati saat pedal gas dan rem diinjak. Apabila mesin tetap hidup, berarti terjadi slip di plat kopling. Plat seperti ini harus diganti.)

Cek juga kebocoran minyak kopling. Ini bisa dilakukan dengan melihat secara langsung. Lihat ada tidaknya rembesan minyak kopling pada master dan release silinder kopling. Periksa kuantitas dan kualitasnya. (Sama dengan pengecekan oli.)

6. Ban

Tekanan ban harus pas dan kembangnya jangan sampai gundul. Gunakan alat ukur tekanan ban. Untuk kenyamanan lakukan spooring dan balancing.

7. Kemudi

Tierod, balljoint, dan arm-arm kemudi harus presisi. (Kemudi dinyatakan tidak presisi bila ada selisih gerak antara putaran kemudi dengan berbeloknya ban.) Kalau terjadi selisih, komponen di atas harus diganti.

8. Listrik Bohlam bisa menyala dan klakson berbunyi normal.

9. Spion

Spion lengkap (kiri, kanan, inner mirror) dan kokoh pada tempatnya.

10. Wiper

Wiper harus bisa membersihkan kaca. Periksa juga kuantitas air washer.

11 Emergency

Siapkan komponen cadangan yang berisiko tinggi bermasalah diperjalanan: ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, dan oli. Jangan lupa lengkapi mobil dengan toolset standar. Lengkapi pula mobil dengan peta, buku manual, info tips mengatasi kondisi darurat, nomor-nomor telepon penting. Simpan pula di phonebook handphone Anda no telpon CALL AstraWorld (021) 653 10 000 yang dapat Anda telpon untuk meminta bantuan darurat saat di perjalanan mudik. Bagi pengguna operator seluler “3″ dapat menekan no 89 898, dan pengguna Telkomsel dapat menekan 1000 untuk meminta layanan darurat AstraWorld.

12 Pengendara

Satu hari sebelum berangkat, ada beberapa poin yang harus disiapkan dari sisi pengendara:

- Siapkan bekal makanan kecil dan minuman yang cukup.

- Susun rencana perjalanan yang berisi keterangan mengenai:

jadwal keberangkatan, rute yang akan ditempuh, dan lokasilokasi yang akan dijadikan tempat istirahat.

- Atur barang bawaan di mobil dengan baik dan benar.

- Usahakan untuk istirahat dengan tidur yang cukup sehari sebelum memulai perjalanan.

- Hindari meminum obat yang dapat menyebabkan kantuk.

Tidak ada salahnya menyiapkan vitamin atau suplemen penambah tenaga agar tetap fit.

- Berdoa sebelum memulai perjalanan.

Semoga acara mudik anda aman dan lancar. Titip salam buat keluarga ya dari mbah. Oleh-olehnya boleh juga dikirim ke rumah mbah.

Artikel Terkait:



3 komentar:

  1. Nah bagi yang mau mudik kudu baca ini... dengerin apa kata si mbah..
    Good post mbah....

    BalasHapus
  2. kalo mudiknya pake motor gimana si mbah..sama aja yah general check up he he

    BalasHapus
  3. Nice tips sob, berguna banget bagi para pemudik :)

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca