Jumat, 13 November 2009

Tips Mencegah Uban

Kali ini mbah mau berbagi tips mencegah uban. Soalnya sekarang uban bukan cuma milik orang tua aja, banyak anak muda sekarang yang ubanan. Usia masih muda tapi dikepala banyak putik jambu air hehehe. Nich dia tipsnya...ada beberapa bahan yang bisa digunakan.

Dengan daun rambutan

Caranya sama seperti dengan biji pepaya. Daun rambutan 10-20 lembar dibakar sampai hangus kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditampung dalam gelas lalu diberi sedikit air lalu dioles merata pada rambut beruban. Diamkan selama 2 jam lalu keramas seperti biasa. Lakukan paling tidak 1 kali seminggu.

Dengan daun mangkokan

Siapkan minyak kelapa 1/2 liter ( bukan minyak sawit) , ambil 15-20 helai daun mangkokan yang muda atau tidak terlalu tua. Iris tipis-tipis lalu goreng dalam 1/2 liter minyak tadi, usahakan jangan sampai gosong. Angkat daun dan minyak didinginkan selanjutnya disaring. Oleskan minyak bekas menggoreng pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 1 jam setelah itu keramas seperti biasa.

Dengan kelapa hijau

Air kelapa hijau dicampur dengan santan kelapa muda lalu tambah dengan sedikit garam, embunkan air itu selama semalam lalu paginya gunakan sebagai bahan keramas. Lakukan selama 7 hari berturut-turut.

Dengan putih telur

Sediakan putih telur ayam kampung tiga butir, air bersih 1/2 gelas dan garam halus 1/2 sendok teh. Putih telur dicampur dengan air dan diaduk sampai rata. Masukkan garam halus juga diaduk. Larutan ini diusapkan pada kulit kepala sampai rata sambil dipijit-pijit. Biarkan 2-3 jam, selanjutnya keramas seperti biasa. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.

Dengan kikil

kikil atau kulit sapi/kerbau (jawa=krecek) yang basah dimasak model sambal goreng atau cara yang lain. Gunakan sebagai camilan atau lauk makan. Selain dapat mencegah timbulnya uban , kikil juga berkhasiat untuk memperkuat tulang dan mengencangkan kulit.

Dengan biji pepaya

Pepaya yang sudah masak dibelah. Ambil bijinya sebanyak 2 sendok makan dan goreng sampai hangus. Kemudian ditumbuk sampai halus. Campur dengan minyak kelapa dan diaduk sampai merata ( Ingat , dengan minyak kelapa jangan dengan minyak sawit). Oleskan pada rambut beruban, biarkan sekitar 2 jam. Selanjtnya keramas biasa memakai sampo. Lakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Bagaimana? siap untuk mencoba ramuan tradisional diatas? selamat mencoba, semoga rambutnya semakin indah dan terawat.

Artikel Terkait:



1 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca