Rabu, 21 September 2011

Tips Memilih Smartphone atau PDA Phone

Pada dasarnya smartphone atau PDA phone merupakan suatu alat komunikasi atau telepon selular yang dilengkapi dengan organizer digital. Perangkat ini dapat juga berfungsi sebagai data organizer, e-mail client, web browser, pemutar musik, pemutar film, kamera digital, GPS, menyunting dokumen, dan fungsi lainnya.

Berbagai produsen smartphone dan PDA phone berlomba-lomba untuk memasarkan produk mereka. Ada yang bekerja sama dengan operator selular untuk membuat jaringan ekslusif agar dapat melakukan chat dan berkirim e-mail dengan mudah. Ada juga yang menanamkan berbagai teknologi terkini seperti 3.5G agar dapat mengakses data di Internet ataupun berkirim e-mail dengan kecepatan tinggi. Beberapa produsen menanamkan fungsi Global Positioning Satellite atau GPS yang diintegrasikan dengan peta dalam produk mereka sehingga membuat orang tidak dapat tersesat di manapun mereka berada.

BlackBerry, HTC, Dopod atau iPhone merupakan beberapa merk smartphone dan PDA phone yang beredar dan menjadi trend belakangan ini. Demam BlackBerry belakangan ini membuat banyak orang berlomba-lomba ingin memiliki teknologi terbaru dari telepon cerdas atau smartphone tersebut. Namun apakah memang Anda benar-benar membutuhkan telepon dengan fasilitas yang canggih tersebut? Bagaimana tips memilih smartphone yang tepat?

Jika Anda sering berpergian ke luar negeri maupun ke luar kota, pilihlah smartphone dengan jaringan GSM dan bukan CDMA. Karena di luar negeri, Anda dapat membeli kartu prabayar untuk dipasang di smartphone Anda. Anda pun juga bisa menggunakan jaringan roaming dari operator selular Anda. Namun jika Anda lebih banyak di dalam negeri, Anda bisa gunakan jaringan alternatif lainnya seperti CDMA.

Saat ini tersedia berbagai sistem operasi (operating system) untuk smartphone. Beberapa di antaranya yaitu Symbian, Windows Mobile, Android, Linux, Palm OS, dan BlackBerry. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi-fungsi khusus. Periksalah dengan cermat fungsi-fungsi mana saja yang paling cocok dan paling sering Anda gunakan. Hampir semua sistem operasi bisa melakukan fungsi dasar seperti telepon, e-mail, web, dan SMS/MMS. Namun ada beberapa yang spesifik, misalnya BlackBerry yang mampu melakukan koneksi ke server e-mail dan server chat khusus milik BlackBerry. Jika Anda sering menggunakan produk Microsoft seperti Windows dan Microsoft Office, maka Anda dapat memilih perangkat dengan sistem operasi Windows Mobile supaya Anda lebih terbiasa menggunakannya.

Kecepatan data juga dapat menjadi pertimbangan khusus bagi Anda yang sering mengambil data di Internet maupun berkirim data via e-mail. Beberapa smartphone menawarkan kecepatan data 3G hingga HSDPA (High Speed Downlink Package Access) atau 3.5G yang kecepatannya mencapai 7 kali kecepatan 3G. Di jaringan CDMA juga dikenal dengan EV-DO. Jika Anda berlangganan paket time based, maka semakin tinggi kecepatan data, semakin murah tagihan pulsa Anda karena waktu download yang lebih cepat. Kecepatan data dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi yaitu (pada jaringan GSM): GPRS, EDGE, 3G, 3.5G (HSDPA).

Selamat memilih smartphone atau PDA phone baru.

Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca