Selasa, 29 Mei 2012

Titik Kritis Kehalalan Susu Bubuk

Di Indonesia, ragam susu tersebut bukan lagi murni berupa susu segar. Kebanyakan adalah hasil campuran dari bermacam bahan tambahan, seperti susu skim, whey, lemak susu, dan lain-lain. Termasuk, penambahan aditif pada susu bubuk tersebut, seperti vitamin, asam lema omega- 3, probiotik, perisa (flavor), dan lainnya.

Berbagai macam merek produk susu bubuk banyak beredar di pasaran, baik yang diperuntukkan bagi anak-anak maupun kalangan dewasa.

Oleh karena itu, menurut pakar halal dari Institut Pertanian Bogor, Dr Anton Apriyantono, status kehalalan produk tersebut bergantung pada apa sajakah unsur bahan yang dipakai dalam pembuatan susu bubuk.

Dalam esainya yang berjudul “Titik Kritis Kehalalan Susu Cair dan Bubuk” yang diunggah di laman facebook Komunitas Halal-Enak-Baik , ia menjelaskan, terdapat beberapa ingredient susu bubuk yang laik dicermati dari segi kehalalan.

“Selain beberapa unsur seperti whey, laktosa, pengemulsi, perisa, dan vitamin, ada satu lagi yang patut diperhatikan, yaitu lemak omega-3,” kata Anton.

Menurutnya, asam lemak omega-3 tersebut ditambahkan untuk memperoleh nilai tambah susu bubuk. Hal ini karena keberadaan lemak tersebut dipercaya bisa memacu kecerdasan otak, khususnya bagi anak-anak.

Tak hanya itu, untuk kalangan dewasa, lemak itu diharapkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menekan risiko penyakit jantung koroner yang mematikan.

Tetapi, salah satu kekurangannya, lanjut Anton, asam lemak omega-3 bersifat tidak stabil. Mudah rusak karena reaksi oksidasi. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan karena reaksi oksidasi, asam lemak omega-3 biasanya dienkapsulasi (disalut). Dalam kondisi ini, asam lemak omega-3 berada di dalam suatu penyalut (enkapsulan).

Maka untuk mengkonsumsi susu bubuk tersebut harus memperhatikan komposisi produk tersebut.

Artikel Terkait:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca