Senin, 18 Juni 2012

Pengalaman Mancing di Batu Beriga, Bangka Tengah

Untuk yang kedua kalinya pengalaman saya mancing ditengah lautan bersama-sama teman kantor BKD Bangka Tengah. Kami berangkat dari Koba, Bangka Tengah sekitar pukul 18.00 WIB dan sampai ditempat tujuan dermaga kapal sekitar pukul 19.00 WIB.

Perjalanan yang sangat melelahkan tentunya. Sekitar pukul 20.00 WIB kami naik ke Kapal berukuran +/- 13 meter yang terbuat dari fiber.

Untuk menuju lokasi pemancingan memakan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan, belum lagi ombak yang besar dikarenakan lagi musim angin tenggara. Benar-benar anger yang haus mancing, maklum mancing mania.

Sampai ditempat tujuan, kami mulai mempersiapkan joran kami sambil memasang umpan untuk melakukan teknik mancing dasar/jeblug. tidak perlu menunggu waktu lama saya langsung strike, setelah menaikkan kenur/senar saya berhasil menaikkan ikan kerisi beberapa ekor, namun setelah itu sepi yang ada hanya ikan duri yang lumayan banyak berhasil saya dapatkan. Mungkin karena lokasi kami bukan spot terumbu karang atau rumpon. Maklum kapal yang kami naikkan tidak memiliki GPS ataupun Finderfish alat untuk mendeteksi keberadaan ikan.

Akhirnya malam itu ditengah ombak yang lumayan besar kami mencoba berpindah lokasi dengan cara hanyut. Nelayan menaikkan jangkar kapal hingga kedalaman 3 meter dibawah permukaan air.

Lokasi spot yang tepat untuk mancing mania akhirnya baru kami dapatkan sekitar pukul 01.00 WIB, disaat matahari lagi terik-teriknya.

Tidak menunggu lama, tiba-tiba,Strike!!!! saya berhasil menaikkan dua ekor kerapu secara bersamaan. Dilokasi ini saya bersama teman-teman berhasil menaikkan ikan yang cukup banyak mulai dari Kerapu, Jebung, Kerisi, Kakap, Kuwe dan lain-lain.

Tarikan demi tarikan sangat berasa sekali, perlawanan ikan cukup menaikkan adrenalin kami sebagai seorang mancing mania.

Mohon maaf jika saya tidak menampilkan ikan hasil strike dikarenakan kami masing-masing sibuk memancing. Mungkin lain kali akan saya tampilkan.