Rabu, 12 Juni 2013

Teknik Mancing Ikan Seminyak

Bagi para penghobi mancing mungkin memiliki beragam teknik dan cara untuk mancing ikan seminyak. Namun saya akan berbagi sedikit pengalaman saya dalam hal mancing ikan seminyak ini. Piranti yang kita gunakan harus sesuai dengan target ikan sasaran namun terkadang ada juga ikan yang bukan target menghajar umpan kita. Dengan piranti yang tidak memadai kita harus pintar memainkan pertarungan, jika tidak maka senar bisa putus dan joran bisa patah.



Piranti yang saya gunakan tergolong sederhana dan bukan merupakan kelas heavy duty. Joran/rod yang saya gunakan merupakan joran/rod merk Global Adventure 10-20 lbs. Sangat ringan sekali dan sederhana bukan? untuk reel atau kerekan saya menggunakan merk Sabpolo Vega 6000 dengan 5 Ball Bearings. Untuk mata kail saya menggunakan carbon no.08 dan 09. Untuk senar saya menggunakan senar braided/PE 3, Umpan untuk mancing ikan seminyak ini saya menggunakan irisan cumi yang sudah kami siapkan sebelum berangkat menuju spot perburuan.

Teknik mancing yang saya gunakan adalah mancing dasaran atau bottom fishing. Umpan saya turunkan dikedalaman perairan sekitar 30 meter lalu umpan saya mainkan naik turun sedikit untuk mengusik ikan agar memakan umpan irisan cumi saya. Tidak perlu menunggu waktu lama joran saya melengkung dengan ganas dihajar ikan. Maklum joran yang saya gunakan cuma kelas 10-20 lbs. Alhamdulillah dengan joran sederhana dengan kelas 10-20 lbs tarikan ikan seminyak seberat 1,5 kg terasa dahsyat sekali dan berhasil mendaratkan ikan seminyak seberat 1,5 kg ke perahu dengan sukses.

Ada baiknya bagi anda yang mempunyai hobi mancing dilaut menyiapkan piranti yang standard agar tidak memble waktu dihajar ma ikan yang ganas seperti seminyak, GT, Menggali dll. Ada baiknya joran yang anda gunakan kelas 20-40 lbs dengan reel minimal kelas 6000 dengan ball bearing berjumlah minimal 4 buah.

Bagi para senior yang mempunyai kritik dan saran silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ya... Ditunggu..!!!

Artikel Terkait:



9 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca