Jumat, 13 November 2009

Pria Terkaya Di Dunia

Di tahun 2008 yang lalu, pria berusia 77 yang rendah hati ini ditahbiskan Forbes sebagai orang terkaya nomor satu di seluruh dunia, dengan kekayaan sekitar US$62 miliar (sekitar Rp562,8 triliun) dan sukses mendepak orang nomor satu Microsoft, Bill Gates, yang memegang trofi tersebut selama hampir 13 tahun.

Jika Anda gemar bermain saham dan berkutat di dunia ini, mungkin nama Warren Buffett bukan nama asing lagi bagi Anda, terlebih bagi kalangan pialang saham dunia yang telah melabelinya gelar mahaguru dunia saham. Saking sudah melegendanya, pria asal Omaha, Nebraska Amerika ini dijuluki Sage of Omaha atau Oracle of Omaha (peramal dari Omaha), karena selalu memiliki perhitungan jitu seputar pasar saham.

Menurut catatan Berkshire Hathaway dalam waktu selama satu dekade, Forbes memprediksi kekayaan Buffett naik sekitar US$10 miliar dari US$52 miliar, yang menempatkannya sebagai orang terkaya nomor dua 2007 lalu.

Gates sendiri melorot di posisi ketiga dengan kekayaan sekitar US$58 miliar, tersalip miliuner asal Meksiko, Carlos Slim, dengan jumlah kekayaan total senilai US$60 miliar.

Menurut Forbes seharusnya Gates akan sekaya atau bahkan lebih kaya dari Buffett kalau saja saham microsoft tidak turun secara drastis setelah penawaran pembelian Yahoo yang gagal bulan lalu.

Nama Carlos Slim mulai disebut-sebut pada tahun lalu, setelah Wall Street Journal dan majalah Fortune edisi Agustus 2007 menyebut dia sebagai pria terkaya di dunia, dengan menguasai mayoritas saham di Meksiko termasuk Telefonos de Mexico Telefonos de Mexico dan America Movil.

Bulan Oktober, Forbes secara tak resmi menyatakan Slim dan Gates bersaing ketat merebut predikat orang terkaya di dunia. Sayang prediksi Forbes luntur, setelah kondisi saham Meksiko yang suram dalam beberapa bulan terakhir, dan membuka peluang Buffett meraih posisi nomor satu.

Dengan rekor orang terkaya yang saat ini disandang Buffett, otomatis akan menggiring semua pendukung Buffett berbondong-bondong merayakan acara tahunan 'Woodstock for Capitalists' atau lebih dikenal dengan sebutan acara tahunan para Kapitalis, mulai dua bulan dari sekarang di markas besar Berkshire Hathaway di Omaha, Nebraska.

Berkshire Hathaway sendiri adalah perusahaan milik Warren Buffett yang bergerak di bidang asuransi properti/jiwa dan diversifikasi investasi, yang berkembang pesat dengan memiliki lebih dari 60 jenis usaha.

Pastinya, label terkaya yang disandang Warren Buffett semakin membuatnya tenar sebagai investor brilian, dan juga orang kaya paling dermawan yang pernah dicatat Forbes.

Berikut lima besar orang terkaya di dunia versi Forbes:

1. Warren Buffett - US$62 miliar
2. Carlos Slim - US$60 miliar
3. Bill Gates - US$58 miliar
4. Lakshmi Mittal - US$45 miliar
5. Makesh Ambani - US$43 miliar.

Wah..kalo kita kapan ya bisa kayak mereka. Kita cukup bersyukur aja dengan rezeki yang ada. Rajin-rajin aja main dan menulis artikel seperti di Blogsvertise, Buyblogsvertise, Sponsoredreview dan sebagainya. Walau nggak bisa kaya raya seperti mereka setidaknya kita tidak miskin iman dan materi.

Artikel Terkait:



3 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca