Sabtu, 03 April 2010

Asyiknya Main Paid to Review

Begitu mbah terjun ke dunia maya tepatnya semenjak menjadi seorang blogger awalnya ogah bermain diprogram Paid to Review. Alasannya tidak lain karena tidak lancar menulis dalam Bahasa Inggris. Tapi setelah coba-coba, akhirnya mbah ketagihan juga dan sekarang telah menjadi blogger matre hehehehe.... Ternyata program Paid to Review lumayan mengasyikkan juga.Setiap order yang diterima, biasanya saya mendapatkan bayaran mulai dari US$3.00 hingga US$15.00 per review. Apalagi kalau bisa mendapatkan hingga lima order per minggu, setidaknya bisa untuk menutupi biaya koneksi internet dan bahkan untuk membeli perangkat online sekalipun, seperti komputer, modem dan lain sebagainya.

Di internet, terdapat banyak broker Paid to Review/Pay per Post yang telah mendunia, seperti Blogsvertise, LinkWorth, ReviewMe, BlogReview, Bloggerwave dan lain sebagainya. Namun, dari sekian banyak broker Paid to Review di internet, hanya ada beberapa saja yang sering memberi saya job review, yaitu diantaranya adalah Blogsvertise, Sponsoredreviews, Buyblogsreview dan LinkWorth. Bahkan, hampir setiap minggunya saya mendapatkan job review dari Blogsvertise dengan upah kisaran US$03.00-US$15.00. Memang, angka tersebut belum seberapa besar bila dibandingkan dengan penghasilan teman-teman blogger lainnya. Akan tetapi, bagi saya, angka tersebut sudah sangat cukup untuk sebuah permulaan.

MENJAGA GOOGLE PAGE RANKING AGAR TETAP STABIL

Konon, keberhasilan seorang blogger bermain diprogram Paid to Review/Pay per Post dilihat dari seberapa tinggi Google Page Rank dan Alexa Rank blog miliknya. Makin tinggi Google Rank dan Alexa Ranknya, makin banyak pula job review yang akan menghampiri. Namun, sering mendapatkan job review dapat menyebabkan Google Page Ranking merosot. Entah benar atau tidak, hal tersebut disebabkan karena mesin pencari Google kurang/bahkan tidak menyukai artikel komersial atau artikel yang memuat link ke situs komersial. Terlebih lagi, jika link yang disisipkannya tidak berhubungan dengan topik yang dimuat. Akan tetapi, hal ini jarang terjadi saat menulis review, karena memang, seorang advertiser hanya menghendaki review dari blog/artikel yang serupa.

Selain cara diatas, masih ada cara lain, yaitu dengan men-nofollowkan link-link yang ada diartikel Paid to Review, yaitu dengan menambahkan atribut rel=”nofollow” sebelum/sesudah atribut href=””. Dengan cara ini, link-link yang ada pada artikel tersebut tidak akan terindeks oleh Google, sehingga tidak akan mempengaruhi rangking blog Anda. Akan tetapi, cara ini hanya boleh dilakukan apabila artikel Paid to Review telah menginjak hari yang ke-30nya, sejak dipublikasikan. Untuk Anda yang menggunakan mesin WordPress, Anda dapat meng-install plugin khusus guna men-nofollowkan link secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Tentunya, anggapan tersebut membuat saya – dan mungkin juga para paid reviewers lainnya – khawatir akan kehilangan Google Page Rank. Karena, menurunnya Google Page Rank berarti menurunnya job review. Oleh karena itu, menjaga Google Page Rank agar tidak menurun seakan menjadi keharusan bagi setiap blogger yang mengandalkan program Paid to Review untuk meraup Dollar. Nah, untuk menjaga Google Page Rank sebenarnya sangat mudah, cukup dengan menyeimbangkan antara artikel review dan artikel lainnya. Artinya, jika dalam sehari Anda mendapatkan satu review, maka menulislah sedikitnya dua artikel/hari pada blog yang sama, dst.

Selain Paid to Review/Pay per Post, sebenarnya masih ada beberapa program penghasil Dollar di internet yang dapat menyebabkan Google Page Rank menurun, seperti Text Link Ads, Affiliate/Referral, dan lain sebagainya. Namun, jika kita dapat menjalaninya dengan penuh keseimbangan, maka resiko penurunan Google Page Rank dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Nah, daripada terlalu memikirkan resiko, lebih baik fokus pada satu hal yaitu (dalam hal ini) uang. Selagi kita masih bisa mendapatkannya dengan cara khalal dan legal, mengapa tidak. Toh semua hal didunia ini selalu ada resikonya. Jika kita terlalu memikirkan resiko, hidup ini akan terasa berat untuk dijalani.

Alkhasil, berdasarkan pengalaman dan pengamatan mbah selama menekuni dunia paid to review, program Paid to post/Pay per Post berpotensi menghasilkan banyak Dollar. Bahkan tidak hanya satu-dua orang saja yang telah menghasilkan hingga ribuan Dollar setiap bulannya. Jadi, jika Anda telah bergabung dengan salah-satu program Paid to Review yang ada di internet ini, teruskan saja dan bagi anda yang belum bergabung, bisa mengawalinya melalui broker Paid to Review Blogsvertise tapi sebelumnya tingkatkan dahulu pagerank blog anda. Untuk mengatasi masalah Google Page Rank, Anda dapat mempraktekkan tips tersebut diatas. Selamat berburu Dollar!!!

Artikel Terkait:



5 komentar:

  1. sip tulisannya mbah, salam kenal ya bos

    BalasHapus
  2. Pingin juga nih main di PTR sob contoh artikel review nya kaya gimana sih ??

    BalasHapus
  3. Makasih atas infonya mbah.. pingin juga nyari recehan di PTR nih.. kasih contohnya dong

    BalasHapus
  4. M2m ===> thank ya..

    Saung ===> bisa dilihat artikel mbah yg pake bhs inggris yg ada outlinknya..

    Link tea ===> sama kyak diatas

    BalasHapus
  5. mantap bro usahakan terus PR3, dl aku pernah dr PR3 jd ga punya PR

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca