=> Kenali minat dan bakat. Kedengarannya seperti anak SMA yang sedang memilih jurusan ya? Tapi, memang begitu adanya. Jika kita tidak berminat, melakukan pekerjaan hanya akan menjadi beban. Dan, jika tidak sesuai bakat, mungkin kita sulit berprestasi dalam bidang tersebut.
=> Kenali kualitas diri. Jika Anda bukan orang yang teliti, jangan ambil pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Bisa-bisa nanti stres sendiri. Jika Anda bukan orang yang kreatif, jangan nekat mengambil pekerjaan yang membutuhkan kreativitas. Jika Anda bukan orang yang mobile, jangan coba-coba mengambil pekerjaan yang mengharuskan Anda banyak bergerak atau mengunjungi banyak tempat.
=> Cari tahu apa saja job description yang menjadi tanggung jawab kita. Biasanya perusahaan sudah menjelaskan apa-apa saja yang menjadi tugas pegawai yang dicarinya pada lowongan ya ia sebar. Teliti satu per satu. Apakah kira-kira kita mampu menjalankannya atau minimal mau belajar lebih lanjut untuk dapat mengerjakannya.
=> Jangan asal tabrak. Semua lowongan yang terdapat di koran atau di internet dilamar. Padahal, bukan hanya tidak tahu apa yang harus dikerjakan atau tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini hanya membuang waktu.
Intinya, sebelum mendapatkan pekerjaan yang cocok, kenali diri sendiri terlebih dulu. Ketahui potensi diri yang ada pada kita, yang paling tahu cocok atau tidaknya kita akan suatu pekerjaan adalah diri kita sendiri bukan orang lain.
Mengenal diri sendiri dengan baik adalah modal awal meraih pekerjaan ideal.
BalasHapusSetuju,
BalasHapus"Jika Anda bukan orang yang teliti, jangan ambil pekerjaan yang membutuhkan ketelitian."
Pekerjaan yang cocok untuk kita adalah pekerjaan yang dapat kita kerjakan dengan penuh kenyamanan dan tanggung jawab.
BalasHapusBenar, yang paling tahu cocok atau tidaknya kita akan suatu pekerjaan adalah diri kita sendiri bukan orang lain.
BalasHapus