Minggu, 02 Agustus 2009

Cara Membuat Text Area

Banyak cara orang atau blogger untuk mempromosikan website atau blog-nya di dunia maya ini, yang paling populer tentu saja adalah dengan cara saling bertukar link antara web/blog dan masing-masing memasangkan link berupa text/banner/badge/image menuju web/blog lawan tukar link-nya.

Sekali lagi budaya link exchange/barter link/tukeran link ini terbukti meingkatkan Page Rank (PR) dari Google, yang artinya weblog anda akan diberikan rating dari 1 sampai 10 berdasarkan seberapa banyaknya link pada website/blog orang lain yang mengarah/mereferensikan website anda.

Bagi sebagian banyak Blogger arti dari PageRank itu sangatlah luar biasa pentingnya, kenapa? selain karena sulitnya mendapatkan “Reward” tersebut (bahkan harus menunggu update per 3 bulan), hal itu juga berarti akan meningkatkan Prestisi (kebanggaan) dan “Harga” Blog yang kita bangun tersebut, wah-wah.. maksudnya apa?

Oke! kita tidak bisa memungkiri sebagian besar tujuan Blogger masih bersemangat dalam melakukan hobby blogger-nya adalah besarnya Income atau pendapatan dari iklan seperti Google Adsense, Bidvertiser, Adbrite, Chitika, Kliksaya, PPCindo, KumpulBlogger, AdReview Camp, dll yang akan didapat karena kita memiliki PageRank yang tinggi.

Jadi intinya, jika anda blogger newbie atau beginer inilah tips dan trick yang sederhana tentang bagaimana caranya membuat text area berisikan kode-kode link html yang dapat secara otomatis “Select All” atau terblok ketika kita mengclick kotak kode tersebut.

Langkah-langkah pembuatan:

1. Ada dua macam jenis cara bertukar link yang populer saat ini, yang pertama adalah bertukar link berupa text/tulisan dari nama blog atau slogan blog saja… dan yang kedua adalah berupa logo/gambar yang biasa disebut banner/badge/chicklet.

2. Jika anda berencana membuat link berupa gambar (badge/banner/chicklet) hal yang pertama harus anda siapkan adalah meng-UPLOADS image yang telah anda persiapkan tersebut ke Internet, kenapa? ya tentu saja… orang lain di ‘belahan bumi’ sana tidak mungkin ‘mengenal’ atau dapat mengakses alamat drive komputer anda dirumah bukan? misalkan c:\\Mydocument\mypictures\banner.jpg. Semuanya harus serba on-line dan berbasis internet (http://).

3. Ada banyak cara menguploads (menyimpan/mengirim) file banner yang kita siapkan, yang paling mudah tentu saja adalah dengan cara memanfaatkan menu upload-an photo/image yang disediakan oleh program/software/cms dari blog anda, saya ambil contoh jika anda mempunyai blog dengan program dari Wordpress maka mudah saja anda tinggal mencari menu media > add new (contoh: http://namablog-anda.com/wp-admin/media-new.php). Jika anda menggunakan layanan blogging lainnya seperti blogspot.com, multiply.com, dll anda tinggal cari menu yang sama untuk menguploads photo/gambar/image anda.

Setelah file telah selesai ter-uploads, jangan lupa untuk mengcopy alamat url dimana gambar itu disimpan di internet, caranya mudah saja ;) anda coba saja sentuh cursor mouse ke gambar/photo/image yang tampil di halaman blog anda tadi dan click kanan pada gambar tersebut > lalu pilih menu Copy Image Location > paste dimana saja anda membutuhkan alamat gambar tersebut > selesai.

Selamat Mencoba !
Sumber:http://newbiestudio.com

Artikel Terkait:



1 komentar:

  1. thanks untuk tipsnya..salam kenal juga :) btw, chatbox nya dimana ya, aku cari2 kok ga ada?

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Sehabis Membaca